Jika Anda adalah penggemar berat mobil, Anda bisa menjadi salah satu dari mereka yang menantikan untuk melihat konsep dan merek baru. Anda juga bisa menjadi salah satu dari mereka yang akan tersesat di antara ratusan model yang ditampilkan di showroom.
Mengapa? Karena mobil semakin mirip. Fakta tampaknya diperbesar akhir-akhir ini sehingga dari jauh, merek asing dapat disalahartikan sebagai milik Detroit. Ada yang seperti saudara kembar sehingga saat berada di showroom harus sangat berhati-hati. Anda mungkin duduk di area tampilan yang salah.
Pertimbangkan coupe Nissan Altima. Ini sangat mirip dengan Infiniti G35 dan dimaksudkan untuk melihat sekilas model generasi ke-2. Padahal, yang pertama menjual https://www.campaignmoney.org/ seribu dolar lebih. Altima dikatakan sebagai kelanjutan dari “garis keturunan” Nissan yang telah dimulai pada tahun 1957 dengan Bluebird. Coupe bersaing dengan Honda Accord, Hyundai Sonata, Mazda6, Mitsubishi Galant dan Toyota Camry.
Honda Accord, sebuah hatchback kompak, juga bisa disamakan dengan beberapa model Acura (merek kelas atas Honda). Kebingungan atas model dari pembuat mobil yang sama ada selama beberapa dekade sekarang. Bahkan, itu adalah salah satu kekhawatiran yang menghantui produsen mobil Detroit hingga saat ini. Fakta ini memaksa mereka untuk memproduksi berbagai versi kendaraan untuk beberapa merek. Di sisi lain, pembuat mobil Jepang mempertahankan lineup ramping mereka. Namun, yang terakhir saat ini memperkenalkan model baru yang dapat menyebabkan pengambilan ganda yang tidak disengaja.
Pembuat mobil Eropa seperti BMW juga ikut serta dalam hype. BMW memproduksi Mini Cooper dan mobil seri 1-nya juga bersaing di Amerika Serikat untuk pasar serupa. Toyota dan Lexus juga mengikuti tren. Tren otomotif, menurut analis, disebut “brand bumping.” Itu terjadi ketika pembuat mobil mendorong satu merek atau papan nama ke arah baru untuk menaikkan atau game slot online mengekang harga dengan harapan menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan posisinya di industri. Biasanya, pembuat mobil melakukan proses secara bertahap seperti memperkenalkan mesin yang lebih bertenaga dan desain yang canggih.
“Anda memindahkan mobil setengah jalan keluar dari satu slot merek dan masuk ke slot merek lain,” kata David E. Davis, editor Winding Road, sebuah majalah mobil online. “Itu memang memiliki efek menggerakkan mobil naik satu tingkat ke kelas harga berikutnya atau kelas ukuran berikutnya.”
Fenomena ini tidak boleh disamakan dengan “rekayasa lencana”. Yang terakhir berbicara tentang mengambil kendaraan yang sama dan menjualnya di bawah satu atau lebih papan nama. Ini mungkin memerlukan perubahan pada suku cadang dan aksesori mobil seperti EBC Redstuff atau menggunakan nama lain.
Salah satu alasan bagus mengapa “benturan merek” terjadi adalah karena evolusi industri otomotif yang berkelanjutan. Pasar bergeser ke mobil yang efisien, bergaya, dan kompak sehingga para pembuat mobil harus menikmati perubahan agar bermanfaat di segmennya masing-masing. “Kami duduk di jeda,” kata Wesley Brown, seorang analis industri Iceology Incorporated, sebuah perusahaan pemasaran yang berbasis di Westwood, California.
Pembuat mobil mengatakan bahwa kesamaan Altima dan G35 sangat mencolok. Namun, pejabat Nissan bersikeras bahwa ada perbedaan yang jelas antara merek. “Ada perbedaan dalam perasaan kendaraan saat Anda mengendarainya,” kata juru bicara Nissan, Fred Standish. “Sangat penting bahwa merek-merek ini berbeda dan memiliki identitas yang khas.”
Honda, di sisi lain, mengatakan perusahaan tidak khawatir dengan coupe baru Honda yang menabrak merek Acura. “Ada sangat sedikit, jika ada, yang dibagi di antara merek-merek sekarang,” kata juru bicara Honda, Chuck Shifsky.
BMW sudah memiliki pengalaman menjual 1-series dan Mini di Eropa, Michael Ganal, anggota dewan BMW, mengatakan dalam sebuah wawancara tahun lalu. “Karakter mereka sangat berbeda sehingga tidak tumpang tindih,” kata Pak Ganal. Tetapi BMW tidak menjual unit hatchback di Amerika Serikat, di mana mobil semacam itu memiliki reputasi yang lebih murah daripada sedan, katanya.